Jrmando.com – Banjir telah melanda sejumlah daerah yang ada di Kabupaten Aceh Utara. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, banjir yang menerjang Kabupaten Aceh Utara dikatakan lumayan parah lantaran air mencapai ketinggian hingga setengah meter.

Yang tadinya hanya ada 16 kecamatan saja yang dilanda banjir, saat ini sudah meluas dan menjadi 19 kecamatan yang tergenang oleh air banjir di wilayah Aceh Utara.

Seperti informasi yang telah diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, di beberapa titik banjir sudah terlihat surut. Namun tidak disemua daerah, ada juga di beberapa wilayah yang justru luapan air semakin besar.

“Laporan yang saya terima dari lapangan, banjir meluas ke 19 kecamatan, kemarin (Sabtu, 2 Desember 2017) hanya 16 kecamatan dan sekarang bertambah di Kecamatan Nisam Antara, Lapang dan Syamtalira Bayu. Total ada 19 kecamatan,” kata Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar, Minggu (3/12/2017).

Banjir yang terus menerjang mengakibatkan tanggul yang ada di Desa Blang, Lhoksukon meluap.

“Pengungsian terdapat di beberapa titik. Mereka memilih mengungsi di musala-musala. Di Lhoksukon sudah meluas, kabar yang kita terima tadi, tanggul di Desa Blang, Lhoksukon sudah meluap,” terang Munawar.

Tim BPBD dan SAR sudah turun ke lokasi. Mereka juga mengevakuasi warga di Kecamatan Pirak Timu.

“Kemarin warga Pirak Timu menolak dievakuasi, namun tadi sejumlah warga sudah minta dievakuasi. Kita tetap terus siaga di titik-titik banjir terparah dan terus memantau perkembangan banjir,” sebut Munawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *