Jrmando.com – Hujan deras yang melanda Purworejo mulai dua hari kebelakang ini menyebabkan tebing sungai mengalami longsor. Dari kejadian tersebut menyebabkan dua rumah warga mengalami kerusakan dan terancam amblas.

Rumah yang terletak di tebing Sungai Bogowonto, saluran Boro yang berada di RT 03/ RW 04 Desa Boro Kulon, Kecamatan Banyuurip runtuh. Dua rumah warga yang merupakan kepunyaan umilah (59) dan Arifin (35) rusak dan hampir meledos.

“Karena hujan deras, terus tebing atau senderan Sungai Bogowonto saluran Boro ambrol, akibatnya dua rumah warga rusak dan terancam amblas,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Purworejo, Sigit Ahmad Basuki.

Dia juga mengatakan kerusakan rumah yang terjadi pada bagian dapur dan pondasi belakang. Bila curh hujan masih tinggi pada kawasan tersebut maka akan berpotensi longsor akan terjadi lagi dan dapat mengancam bangunan rumah warga yang lain yang berada di tepi sungai tersebut.

“Jika hujan masih terus berlangsung maka bisa saja akan ambrol lagi bahkan bisa mengancam rumah yang lain yang posisinya sejajar,” katanya.

Dua rumah yang terancam runtuh itu ditempati oleh 6 orang. Pemilik rumah tersebut diminta untuk lebih waspasa apalagi ketika sedang hujan deras. Pihaknya menganjurkan untuk berpindah ke tempat yang lebih aman.

“Yang rumah Bu Sumilah dihuni 2 orang dan yang rumah Arifin dihuni 4 orang. Kami imbau agar tetap waspada terutama saat hujan deras, sebaiknya mengungsi demi keamanan,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *