Jrmando.com – Perubahan cuaca yang tak menentu pada akhir-akhir ini membuat para nelayan menjadi resah. Saat ini ketinggian gelombang di perairan Bali mencapai 3 meter. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Bali memberi peringatan agar para nelayan dan masyarakat untuk waspada.

Perkiraan terjadinya gelombang tinggi berlaku sampai hari besok Rabu, 12 Juli 2017. Gelombang tinggi akan terjadi pada sekitaran daerah perairan selatan Bali sekitar 0,5-3,0 meter, hal yang sama juga diperkirakan terjadi di Selat Bali dan Selat Lombok.

“Perlu diwaspadai potensi tinggi gelombang laut mencapai lebih dari dua meter di perairan selatan Bali,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Bali, Taufik Gunawan, Selasa (11/7/2017).

“Masyarakat, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai dua meter atau lebih di sekitar wilayah perairan selatan Bali. Selalu perhatikan informasi BMKG, khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” ujar Taufik.

Pelabuhan Padangbai pada Senin 10 Juli 2017 siang melakukan pelarangan operasional kapal cepat atau fast boat dengan rute Padangbai-Gili. Pelarangan ini dilakukan karena faktor cuaca.

“Prakiraan cuaca dari BMKG untuk tanggal 9-11 Juli 2017 menyatakan waspada gelombang tinggi lebih dari 2 meter terutama di perairan selatan Bali hingga NTB,” kata Kapolsek Kawasan Laut Padangbai Kompol I Ketut Suharto Giri terpisah.

Giri juga menyatakan pelarangan operasional trip siang diberlakukan hingga Rabu (12/7) nanti. Pemberitahuan sudah dilakukan Syahbandar Pelabuhan Padangbai kepada para operator fast boat di Padangbai. “Sedangkan trip pagi berjalan sebagaimana mestinya,” kata Giri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *