Jrmando.com – Ramadhan sudah masuk puasa yang ke 13 berarti sebentar lagi kita sudah dekat dengan hari lebaran. Sudah Menjadi tradisi negara kita ketika musim lebaran tak sedikit masyarakat melalukan mudik ke derah asalnya untuk berkumpul dengan sanak saudara yang bertemu ketika hari lebaran saja. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum kita mudik. Salah satunya kesiapan kendaraan yang wajib untuk dicek dengan teliti.

Di Terminal Bulupitu, Banyumas petugas dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dibantu Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas melakukan pemeriksaan kelaikan bus yang nantinya akan digunakan untuk membawa para pemudik pulang ke kampung halamnnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, petugas memeriksa kelengkapan surat-surat, lampu-lampu kendaraan, rem, ban, pintu darurat, dongkrak pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas masih menemukan bus jurusan Jakarta yang menggunakan ban vulkanisir pada roda belakang.

“Ada lampu belakang bus saya yang mati, nanti akan diganti di garasi,” kata Rujito, seorang pengurus bus ‘Goodwill’ tujuan Bandung, Rabu (7/6/2017).

Bus yang kedapatan tidak melengkapi surat-surat dan menggunakan ban vulkanisir diminta untuk melengkapi dan mengganti ban tersebut. Sedangkan terhadap bus yang lengkap dan tidak bermasalah langsung dipasangi stiker laik jalan angkutan lebaran oleh petugas.

“Sejak 1 Januari 2017, setiap terminal tipe A yang sudah beralih status di bawah Kemenhub setiap harinya selalu dilakukan pengecekan kelaikan kendaraan baik administrasi maupun teknis,” kata Kepala Terminal Bus Tipe A Bulupitu Purwokerto, Hadi Suharto.

Pemeriksaan bus di terminal Bulupitu Purwokerto akan terus diintensifkan menjelang masa angkutan lebaran karena masyarakat membutuhkan angkutan yang aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *