Jrmando.com – Setelah usainya acara pernikahan seorang putri Presiden Indonesia Joko Widodo yakni Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution ada satu adat yang dijalankan oleh keluarga Jokowi yakni sumsuman.

Presiden Joko Widodo melalui Pemerintah Kota Surakarta menggelar sumsuman siang ini. Menurut tradisi jaa, sumsuman yakni sebuah acara memakan bubur sumsum yang berwarna putih dengan paduan juruh atau gula jawa yang dicairkan. Sumsuman dipercaya dapat menghilangkan rasa lelah setelah acara hajatan.

“Saya mewakili Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih telah membantu dalam acara pernikahan putrinya. Saya diminta mengumpulkan teman-teman di sini. Semoga dengan sumsuman ini capeknya bisa hilang,” kata Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo di rumah dinasnya, Loji Gandrung, Solo, Jumat (10/11/2017).

Acara sumsuman tersebut dihadiri sebanyak 221 orang yang kemarin bertugas di dalam acara  resepsi pernikahan putri presiden. Mereka terdiri dari 57 petugas kebersihan, 50 sopir becak dan 114 anggota Satpol PP dan Linmas.

Masing-masing dari mereka mendapatkan satu amplop dari keluarga Jokowi. Khusus untuk sopir becak mendapatkan satu amplop tambahan dari Kapolda Jawa Tengah. Seorang sopir becak, Wagimin, bersyukur mendapatkan amplop berisi uang. Namun dia mengaku belum membuka amplop tersebut.

“Belum saya buka, sudah dipesani Pak Wali bukanya di rumah saja,” ujar dia. “Bersyukur sekali, soalnya tidak menyangka dapat uang. Saya bisa ikut di acaranya Pak Jokowi saja sudah senang,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *