Jrmando.com – Mantan Kepala Pelaksana BPBD Sukabumi diamankan oleh pihak kepolisian. Hr diduga kuat telah menggelapkan uang hingga Rp 264 Juta. Masa jabatan HR yakni dari tahun 2013-2015.

“Dia sempat menghilang, akhirnya setelah melalui serangkaian pemeriksaan dan penyidikan, dia kita tetapkan sebagai tersangka. Kita tahan tersangka karena khawatir melarikan diri,” kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur di Mapolresta Sukabumi, Selasa (6/6/2017).

Hr sempat masuk dalam daftar DPO 3 tahun terakhir ini. Modus korupsi yang dilakukan HR yaitu memotong anggaran sebesar 15 persen dari setiap pencairan dana kegiatan rutin. Uang yang masuk saku HR digunakan untuk kepentingan pribadi.

Total uang yang HR tilap sebesar Rp 264.290.890. “Hal ini telah melalui pemeriksaan inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang adanya nota pembelian BPBD pada 2013 fiktif dan tidak sesuai,” ucap Rustam.

HR disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara. “Semua pemberkasan sudah lengkap dan tinggal kita limpahkan ke kejaksaan,” ujar Rustam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *