Jrmando.com – Seorang wanita yang bernama  Norma Fitria alias Fitri (39) ditangkap oleh polisi karena dugaan tindak pidana aksi penipuan dengan menggunakan modus penyewaan tanah garapan atau sawah. Tersangka menjalankan aksinya dengan memakai surat tanag yang seakan kepunyaannya untuk membodohi para korbannya.

Kasubag Humas Polres Malang, AKP Farid Fathoni mengungkapkan tersangka memberikan tawaran untuk disewakan kepada para korbannya. Namun, setelah kesepakatan tersebut deal dan sudah dilakukan pembayaran, ternyata tanah tersebut bukan kepunyaan tersangka.

“Setelah dicek ke lokasi oleh korban, ternyata tanah tersebut bukan milik terlapor,” ungkap Farid di Polres Malang, Kamis (15/3).

Dia juga mengatakan pelaku awalnya melakukan transaksi sewa tanah dengan korbannya yang bernama Mohammad Romli (48) seorang warga Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Transaksi itu terjadi kesepakatan harga sewa tanah senilai Rp 35 juta dengan luas 2800 meter persegi untuk tenggang waktu 4 tahun.

Setelah menyepakati, korban diberitahu lokasi tanahnya. Selanjutnya, dilakukan penyerahan uang namun ternyata tanah tersebut bukan kepunyaan pelaku. Bukan hanya itu, setelah korban melakukan pembayaran kemudian pelaku tidak dapat dihubungi. Korban kemudian membuat laporan ke kepolisian terdekat.

“Setelah itu pelapor tidak bisa menghubungi terlapor lagi hingga kasus ini dilaporkan ke Polsek Bululawang,” kata Farid.

Pelaku dan juga barang bukti diamankan di kediamannya yang berada di Desa Pringu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Barang bukti yang diamankan yakni antara lain foto copy KTP penyewa atau korban, kuitansi pembayaran Rp 5 juta dengan penerima atas nama pelaku, surat keterangan riwayat tanah atas nama pelaku dan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *