Jrmando.com – Usaha penyelundupan lobster melalu Bandara Adisutjipto berhasil digagalkan oleh Satpom AU dan Intel Lanud Adisutjipto bersama petugas keamanan Bandara Adisutjipto. Ribuan bibit lobster itu rencananya akan dikirim ke Batam.

Penemuan lobster-lobster itu pada sekitar pukul 11.45 WIB siang di Terminal A Bandara Adisutjipto, Sleman.

Lobster itu dibawa oleh calon penumpang yang bernama Murdiono dan Yohanes Ton Nggongo dan akan terbang menggunakan pesawat Lion Air JT 0277 tujuan Batam.

“Penumpang tersebut pada saat memasuki ruang check in di security check point 1 (SCP1), petugas karantina ikan dan Avsec yang berjaga di mesin X-ray curiga terhadap tas ransel warna merah dan biru yang dibawa keduanya,” ujar Kapentak Lanud Adisutjipto, Mayor (Sus) Giyanto, Rabu (31/5/2017).

Sewaktu tas ransel mereka dibuka dan ditemui berisi baby lobster. Baby lobster ditempatkan di kantong plastik kering yang dibungkus baju dan celana.

Petugas Karantina dan Petugas Avsec Bandara Adisutjipto kemudian menahan keduanya.

“(Di dalam tas) Terdapat bibit udang lobster hidup sejumlah 29 kantong plastik yang diperkirakan satu kantong plastik diperkirakan berisi 300-500 ekor bibit udang lobster,” imbuhnya.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti dilakukan penyerahan dari PT Angkasa Pura I ke STasiun KIPM kelas 1 Yogyakarta. Sekitar pukul 13.00, pelaku masih menjalani proses pemeriksaan di Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *