Jrmando.com – Reserse Kriminal Polda Metro Jaya dan Tim Khusus Polda Sulawesi Selatan menguak perkara penipuan lewat media elektronik. Tersangka menggunakan identitas Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk melancarkan tindakannya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengungkapkan terdapat tiga tersangka dengan identitas Tajudin (24), Asriyadi (30), dan Mabrur (21).

“Dalam kontennya, pelaku mencantumkan atau menggunakan nama pejabat negara Republik Indonesia (Kapolri) untuk meyakinkan para korban,” ungkap Jerry, Selasa (13/3/2018).

Jerry mengatakan peringkusan mulanya dilakukan pada Tajudin di kediamannya, di Desa Lautang, Belawa, Wajo, Sulawesi Selatan, pada 3 Maret 2018 lalu. Dia memiliki tugas untuk membuat banyak blog yang berisi konten berhadiah.

“Pelaku dengan memanfaatkan Aplikasi Friend Search For WhatsApp, mencari nomor-nomor secara acak yang memakai aplikasi WA. Selanjutnya, mengirimkan pesan seolah penerima pesan mendapat hadiah,” ungkapnya.

Korban yang memperoleh sejenis pin melalui pesan lewat Whatsapp tersebut diminta untuk meninjau blog supaya memperoleh hadiahnya. Dan untuk membuat para korban yakin, pelaku menuliskan identitas serta foto Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada blog tersebut.

“Dalam melaksanakan aksinya, pelaku dibantu oleh Imran dan masih dalam pengejaran kami,”  ungkap Jerry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *