Jrmando.com – Aparat Polresta Surakarta mulai menjalankan sterilisasi ke gereja-gereja untuk menghadapi Hari Raya Natal. Aktivitas tersebut adalah salah satu bentuk pengamanan tempat ibadah di Kota Solo.

Ada sebanyak 168 gereja yang memperoleh keamanan instansi gabungan. Terdapat 16 gereja yang menjadi prioritas dalam pengamanan tersebut, yakni diantaranyaGereja Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan, Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton dan Gereja GBI Keluarga Allah.

Sterilisasi gereja pertama kali dilakukan pada hariĀ  Jumat (22/12/2017) kemarin. Gereja Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan, Jebres, Solo merupakan gereja yang pertama kali disterilkan.

“Kita harapkan malam Natal sampai kebaktian awal tahun tidak terjadi gangguan keamanan di Solo. Semoga sterilisasi dapat menambah kenyamanan jemaah yang beribadah Natal,” ungkap Kapolsek Jebres.

Kegiatan sterilisasi tersebut dilakukan dengan mengontrol sudut ruangan gereja dan lingkungan sekitar gereja. Sampai gereja dipastikan aman oleh polisi dari benda yang dapat membahayakan jemaah.

“Kami juga mengimbau agar jemaah tidak bawa tas berukuran besar. Masing-masing pemuda gereja diharapkan bisa membantu pengamanan. Jemaah juga diminta kooperatif saat dilakukan pengecekan tas,” ungkapnya.

Kepala Keamanan GBIS Kepunton, Julianto mengatakan sudah mempersiapkan 24 anggotanya untuk membantu menjaga keamanan. Mereka akan dilokasikan pada pintu masuk serta di dalam gereja.

“Pengamanan dilakukan khususnya pada 24, 25 dan 31 Desember. Kalau ibadahnya pas tanggal 25 Desember, pukul 08.00 WIB dan 18.00 WIB,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *