Jrmando.com – Dengan susahnya menemukan satu akses jalan untuk mengjangkau titik dimana yang menjadi sumber api membuat para petugas mengalami kesulitan dalam memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Aceh Barat, Aceh.

Gabungan petugas pemadam kebakaran yang berada di lapangan mengaku sangat sulit untuk menjangkau pusat titik penyebab kebakaran yang terjadi. “Penanganan kebakaran di Aceh Barat terjadi beberapa kendala. Salah satunya tidak ada akses jalan menuju ke titik lokasi sehingga mobil pemadam tidak bisa menjangkau api,” kata Sekretaris BPBD Aceh Barat, Edison, Senin (23/10/2017) malam.

Selain mengalami hambatan terkait akses jalan menuju ke lokasi kebakaran, sulitnya sumber air juga menjadi salah satu faktor para petugas dituntut untuk menggunakan cara sendiri dalam berusaha memadamkan api.

“Ada 135 personel BPBD bersama lainnya akan melakukan pemadaman ke titik-titik kebakaran pada Selasa pagi. Terutama di empat kecamatan yakni Johan Pahlawan, Mereubo, Kaway XVI dan Arongan Lambalek,” sebut Edison.

Edison menyebutkan hingga saat ini pihaknya terus melakukan penanganan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Aceh Barat. Selain itu, BPBD bersama tim gabungan akan terus mencatat berapa luas hutan dan lahan yang terbakar.

“Kita akan melakukan penanganan terhadap kebakaran. Untuk jumlah luasnya belum kita ketahui,” tambah Edison.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *