Jrmando.com – Dolar yang ditransfer oleh keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo akhirnya diketahui berasal dari perusahaan milik Johannes Marliem. Kenyataan tersebut dikatakan oleh PT Berkah Langgeng, Yuli Hira pada persidangan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Pada mulanya, Yuli dimintai bantuan oleh Riswan, salah seorang karyawan money charger yang dikunjungi oleh Irvanto untuk barter dolar.

“Anda diperiksa KPK bilang dari Biomorf, benar?” tanya hakim terhadap Yuli pada perssidangan Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

“Saya tahu dari pas di KPK kalau uang dari Biomorf,” Yuli menjawab.

Mulanya, Yuli mengatakan diberi tahu oleh Riswan bila terdapat seseorang yang hendak mentransfer dari luar negeri. Tetapi, Riswan tidak mengatakan nama Irvanto.

“Iwan (nama panggilan Yuli untuk Riswan) transfer saya ada klien mau jual dolar Singapura saya kasih rekening. Kalau masuk saya kasih dia cash,” kata Yuli.

Hakim kemudian mengatakan keheranannya mengenai barter dolar tersebut. Dia mengajukan pertanyaan mengapa Yuli tidak mencurigai transaksi tersebut.

“Kok dolar dari sana ke sini tukar dolar juga. Kenapa nggak pikiran, ada apa ini?” hakim bertanya.

“Sudah biasa kalau di Singapura,” Yuli menjawab.

Tidak hanya itu, Yuli mengatakan memberi sejumlah nomor rekening terhadap Riswan. Tetapi, Yuli mengatakan nama rekening yang diberi terhadap Riswan.

“Iya ada jual beli ke saya karena murah 40 poin,” ungkap Yuli.

Pada surat dakwaan Setya Novanto, pemberian fee terhadapnya diambil dana dari bagian pembayaran PT Quadra Solution kepada Johannes Marliem lewat perusahaan Biomorf Mauritius dan PT Biomorf Lone Indonesia. Uang tersebut ditransfer pada rekening Made Oka Masagung di Singapura yang kemudian diteruskan terhadap Setya Novanto.

“Untuk itu Johannes Marliem akan mengirimkan beberapa invoice kepada Anang Sugiana Sudihardjo sebagai dasar untuk pengiriman uang, sehingga seolah-olah pengiriman uang tersebut merupakan pembayaran PT Quadra Solution kepada Biomorf Mauritius atau PT Biomorf Lone Indonesia,” tulis jaksa KPK dalam surat dakwaan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *