Jrmando.com – Mindaugas Verikas (28) terlihat tegang dan tertekan. Dia pun terlihat marah saat wartawan mengambil fotonya. Warga negara Republik Lithuania ini, Kamis (9/4/2015) lalu diancam hukuman mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan karena memiliki 3,3 kilogram sabu-sabu.
Jaksa Penuntut Umum mendakwa dan menuntut laki-laki yang tak bisa berbahasa Indonesia itu dengan Pasal 115, 114, dan 112 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati.
Namun Kamis  kemarin, usai mendengar vonis Ketua Majelis Hakim Indra Cahya, kerut di wajah Verikas pun lenyap. Lewat penerjemah bahasanya, Open Renhard Siahaan, Mindaugas mengetahui ternyata hakim memutuskan dia dihukum seumur hidup.
Verikas tertawa usai persidangan, dia tak marah lagi lagi kepada wartawan. Saat dimintai komentar, dia cuma tertawa-tawa.
Jaksa Dwi Meily Nova pun tak berkomentar banyak. Meily mengatakan akan berkoordinasi dengan pimpinan karena masih ada waktu seminggu untuk mengajukan banding atau tidak.
Pemberitaan sebelumnya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Medan menggagalkan penyelundupan narkotika golongan I jenis sabu seberat 3,3 kilogram di Bandara KNIA pada 14 Desember 2014 lalu.
Dari dalam koper didapati tiga buah tas sandang wanita, berwarna silver, merah, dan biru. Ternyata, di dinding tas-tas itu, sabu-sabu disimpan. Petugas lalu menangkap Mindaugas yang diduga kurir untuk menyelundupkan sabu ke Kota Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *